Kamis, 13 Oktober 2011

Permasalahan Sosial & Budaya di Indonesia

   Bicara tentang sosial, erat kaitannya dengan masyarakat dan hubungan antar masyarakat. Hubungan antar masyarakat yang beragam menciptakan suatu kebiasaan yang disebut juga budaya. Jadi, sosial budaya membahas tentang fakta-fakta kebiasaan masyarakat dalam berinteraksi satu dengan yang lain. 

Sosialisasi di Zaman Globalisasi




 Perkembangan sosial yang membudaya di Indonesia berbanding lurus dengan zaman yang sedang berkembang. Zaman yang berkembang dari tahun ke tahun dan teknologi  yang kian canggih, mempengaruhi masyarakat Indonesia dalam bersosialisasi.

 Terutama pada zaman globalisasi ini. Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau world culture) telah terlihat semenjak lama. Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat  (Lucian W. Pye, 1966) ke berbagai tempat di dunia ini (id.wikipedia.org). Namun, perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi.

Arus globalisasi pasti mempunyai dampak  yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam sosial budaya Indonesia. Beberapa pengaruh globalisasi dalam sosial budaya di Indonesia, antara lain:

1.       Meningkatnya   individualisme.
Di era globalisasi ini, kesempatan individu untuk mengatur dan menentukan yang baik bagi dirinya  sendiri sangat terbuka lebar. Hidup perorangan tanpa memperdulikan lingungan sekitar, nantinya akan merugikan diri sendiri.

2.       Cultur    Shock    (gegar   budaya).
Culture Shock  biasanya ditandai dengan perubahan budaya maupun kebiasaan dalam masyarakat. Norma masyarakat yang sebelumnya menjadi pedoman bagi seseorang bertindak perlahan- lahan berubah menjadi longgar. Misalnya kebiasaan memberikan salam dan mencium tangan pada orang tua sudah pudar di kalangan generasi muda.

3.       Cultur    Lag     (kesenjangan                budaya).
Cultur lag ditandai dengan kebiasaan anggota masyarakat melanggar aturan atau hukum. Misalnya : Di ruang AC, di bis umum ber-AC walaupun tertulis larangan merokok, ternyata masih banyak yang merokok.

4.       Pola   Kerja.               
Globalisasi membawa perubahan yang mendalam dalam dunia kerja. Pola perdagangan internasional yang baru dan cenderung ke arah ekonomi berbasis pengetahuan mempunyai dampak luar biasa bagi pola kerja. Pekerja tanpa ketrampilan akan digantikan oleh pekerja yang memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh industri modern.

5.       Kebudayaan   Pop.
Karena globalisasi, image gagasan dan gaya hidup baru menyebar dengan cepat ke seluruh pelosok dunia. Perdagangan, teknologi informasi baru, dan migrasi global telah memberi kontribusi  besar bagi penyebaran citra, gagasan, dan gaya hidup baru tersebut melintasi batas- batas negara.











 Teknologi Komunikasi yang Mengglobal di Indonesia


      Permasalahan sosial budaya di Indonesia sekarang ini banyak hubungannya dengan teknologi komunikasi. Teknologi yang kian canggih sangat membantu manusia dalam memenuhi kepuasannya. Namun jika salah dalam penggunaannya, teknologi bisa jadi ancaman bagi manusia (dalam hal ini masalah bersosialisasi).

Teknologi yang paling berpengaruh dalam hal bersosialisasi adalah Handphone dan Internet. Teknologi tersebut memungkinkan kita untuk bersosialisasi  dengan individu lainnya dari jarak jauh.  Terutama yang sedang marak sekarang ini adalah layanan jejaring sosial (social network). Facebook, twitter, Blackberry Mesenger adalah sebagian dari layanan social network yang menjadi trend di Indonesia. 



Memang dengan adanya layanan tersebut terkadang bersosialisasi menjadi mudah, membuat yang jauh menjadi dekat tetapi juga terkadang membuat yang dekat menjadi jauh. Waktu pun tersita banyak dengan beraktifitas menggunakan social networ tersebut, akhirnya interaksi dengan lingkungan sekitar berkurang dan lama kelamaan menjadi asosial dengan lingkungan dekatnya sendiri. Permasalahan sosial seperti ini kadang dispelekan oleh masyarakat Indonesia, sebenarnya berpengaruh besar bagi nilai budaya Indonesia.

   Permasalah sosial lainnya adalah sikap dan respon masyarakat Indonesia di situs jejaring sosial. Karena dalam jejaring sosial kita berkomunikasi secara tidak langsung, jadi sulit menerka maksud dan tujuan dari tulisan seseorang dalam jejaring sosial. Sering terjadi kesalahpahaman yang nantinya akan bercabang dengan masalah yang lain. Celah itu pun banyak dilakukan untuk modus kejahatan seperti penipuan dll. Itu lah beberapa masalah sosial yang terjadi di Indonesia karena teknologi  komunikasi yang salah dalam penggunaannya.

Jadi, dalam bersosialisasi haruslah seimbang. Apa yang harus dilakukan dan apa yg harus dihindarkan. Apa pun zaman yang berlangsung jangan sampai merubah karakter sosial budaya bangsa Indonesia yaitu kekeluargaan dan keharmonisan.

Trimakasih, semoga bermanfaat....





Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar